Jenis-jenis Tes Genetika

Uji genetika relatif baru dalam dunia kesehatan, dan uji genetik sangat berbeda dengan uji diagnostik. Ada berbagai macam jenis uji genetik, diantaranya adalah sebagai berikut:

Diagnostic testing
Tes diagnostik digunakan untuk mengidentifikasi secara akurat suatu penyakit dan penyebab penyakit pada sesorang. Hasil tes diagnostik dapat membantu Anda dalam mengatur kesehatan anda dan melakukan langkah pengobatan atau penyembuhan terhadap penyakit tersebut.

Pre-symptomatic genetic tests
Merupakan tes genetik predictive, yaitu dengan melakukan tes genetik pra-gejala. Fungsi tes genetika jenis ini adalah untuk menemukan perubahan yang terjadi pada gen yang berpotensi meningkatnya kemungkinan berkembangnya suatu penyakit tertentu pada sesorang. Hasil tes genetika ini akan memberikan informasi tentang resiko terkena penyakit tertentu dengan akurat. Informasi ini sangat penting dan berguna untuk melakukan langkah pencegahan, sehingga Anda dapat mengubah gaya hidup dalam menjaga kesehatan, sehingga dapat mengurangi resiko penyakit yang terdeteksi.

Carrier testing
Pengujian ini dilakukan untuk menemukan orang yang berpotensi “carrier” atau pembawa perubahan gen, terkait tentang suatu penyakit. Orang yang menjadi pembawa (carrier) belum tentu terjangkit atau menunjukkan tanda-tanda penyakit tersebut. namun mereka memiliki kemampuan untuk mentransfer perubahan gen tersebut kepada anak-anak mereka. dan keturunan mereka nanti bisa jadi mengidap penyakit tersebut atau menjadi carrier lagi bagi keturunan generasi selanjutnya. Beberapa penyakit kadang baru terjangkit setelah melalui beberapa perubahan gen dari orang tua, anak, cucu sampai gen tersebut berubah dan menyebabkan terjadinya suatu penyakit. Pengujian genetika ini biasanya ditawarkan kepada orang-orang yang mempunyai riwayat penyakit karena faktor genetik dan berpotensi untuk mewariskan penyakit tersebut kepada anak turun mereka.

Prenatal testing
Pengujian prenatal dilakukan kepada ibu hamil, manfaatnya adalah untuk mendeteksi dan mengidentifikasi janin terhadap kemungkinan terjangkit penyakit tertentu, terkait faktor genetik.

Newborn screening
Test genetik model ini dilakukan kepada bayi yang baru lahir. Pengujian genetik ini biasanya dilakukan satu atau dua hari setelah bayi lahir, dengan tujuan untuk mengetahui apakah bayi tersebut mengidap penyakit tertentu, atau beresiko terhadap penyakit tertentu yang kedepannya bisa mengganggu kesehatan dan pertumbuhannya.

Pharmacogenomic testing
Pengujian ini untuk mengetahui pengaruh obat-obatan terhadap tubuh dan bagaimana tubuh merespons obat-obatan tersebut dalam proses metabolismenya. Tujuan dari pengujian genetik jenis Pharmacogenomic testing ini adalah untuk membantu paramedic menentukan pengobatan terbaik dan sesuai dengan kondisi genetika seorang pasien.

Research genetic
Pengujian genetika yang bertujuan untuk penelitian. Dengan riset genetika akan membantu peneliti mengetahui kontribusi genetik dalam suatu penyakit atau kesehatan seseorang. Kadang-kadang hasilnya tidak secara langsung membantu mengatasi gangguan kesehatan, namun akan membantu peneliti memperluas pemahaman tentang genetika tubuh, kesehatan dan penyakit pada manusia.

Berminat terhadap pengujian genetika secara komprehensif untuk kesehatan Anda? Kami menawarkan pengecekan genetika Tai Ji Sun. Pengecekan dilakukan di Rumah Sakit Internasional Tai Ji Sun China. Silahkan contact kami untuk informasi dan cara pendaftaran Tai Ji Sun.

Advertisements